Connect with us
kang daniel paranoia
Konnect Entertainment

Music

Kang Daniel: Paranoia Single Review

Eksplorasi sisi gelap dalam diri melalui single “Paranoia”.

★ ★ ★ ★ ★
★ ★ ★ ★ ★

Penyanyi solo Korea Selatan, Kang Daniel, telah melepas single terbarunya yang bertajuk “Paranoia” pada 16 Februari 2021. Kali ini mantan center Wanna One tersebut kembali dengan konsep dark-edgy yang lebih dari sekedar showcase dan tema artistik semata. Sebagai CEO labelnya sendiri, KONNECT Entertainment, Kang Daniel memiliki kebebasan untuk bereksplorasi dengan musiknya, baik dalam aransemen musik maupun penulisan lirik.

Kang Daniel mengungkapkan bahwa dirinya bersyukur bisa menuangkan cerita dan pemikirannya melalui musik. Yang bisa dibilang sebuah “kemewahan” bagi idol K-Pop. Apalagi kali ini Kang Daniel hendak mengekspos sisi gelap dalam dirinya dan materi yang cukup sensitif dalam industri musik dimana Ia berkecimpung.

kang daniel paranoia

Kang Daniel – Paranoia

Sesuai dengan judulnya, “Paranoia” atau ‘paranoid’ merupakan perasaan takut dan kecemasan yang sempat dirasakan oleh Kang Daniel. Diceritakan kecemasan yang Ia rasakan mendatangkan mimpi buruk setiap malam. Hal negatif tersebut juga secara perlahan mampu menyebar dalam dirinya dan bersembunyi di sudut tergelap dalam jiwa.

Pada Desember 2019 lalu, Kang Daniel sempat memutuskan untuk hiatus karena diagnosis akan gangguan kecemasan dan depresi. Hal tersebut tak lama terjadi setelah dirinya debut sebagai penyanyi solo dan ketahuan menjalin hubungan asmara dengan Jihyo, member dari girlband populer, TWICE.

Tak berbeda dengan kebanyakan idol pada umumnya, Kang Daniel menerima banyak hujatan dan komen negatif kala itu. Berbeda ketika masih berada di boyband dengan banyak member, mungkin menerima hujatan sebagai soloist terasa lebih berat untuk ditanggung sendiri.

Untungnya, tak butuh waktu lama hingga Kang Daniel comeback pada Maret 2020 lalu dengan merilis EP bertajuk “Cyan” dengan single pop catchy yang ceria, “2U”.

Mendampingi lirik yang gelap, “Paranoia” memiliki aransemen hip hop pop dengan sentuhan trap beat. Pada dua verse dan chorus pertama, pola komposisi yang dihadirkan cukup repetitif, dengan bass dan instrumen brass yang kental. Namun, seiring berjalannya track, ada aransemen baru yang dihadirkan untuk memberikan pola yang variatif dan mood yang berbeda.

“Paranoia” memiliki melodi atau senandung yang menjadi statement, baik untuk vokal directing maupun komposisi musik. Terdengar seperti senandung “nina bobo” suram yang biasanya kita dengar pada film-film horor.

Secara keseluruhan, “Paranoia” jelas menghadirkan konsep baru dari Kang Daniel jika dibandingkan dengan single-single sebelumnya yang lebih ceria. Konsep dark-edgy seperti ini mungkin sudah dinanti oleh para Danity (sebutan penggemar Kang Daniel). Lebih dari yang penggemar minta, Kang Daniel menggunakan “Paranoia” secara artistik untuk menunjukan sisi lain dari dirinya yang personal dan sempat terpendam.

Click to comment
Advertisement
Cultura Live Session
Connect