Connect with us
Hillbilly Elegy Review
Netflix

Film

Hillbilly Elegy Review: Kisah Konflik Keluarga Tiga Generasi

Berdasarkan kisah nyata penulis J.D. Vance.

★ ★ ★ ★ ★
★ ★ ★ ★ ★

Hillbilly Elegy adalah film yang disutradarai oleh Ron Howard. Skenario pada film ini ditulis oleh Vanessa Taylor dengan adaptasi kisah asli memoir penulis novel J.D. Vance. Sama seperti kisah di dalam memoirnya, Hillbilly Elegy menceritakan perjalanan hidup J.D. Vance saat dirinya tinggal di pedesaan, sampai akhirnya bisa berkuliah di Yale University.

Alur film berjalan maju-mundur dan berfokus pada dua masa, yaitu masa kecil Vance di tahun 1997 dan masa perkuliahannya di tahun 2011. Vance tumbuh dalam lingkungan pedesaan di Kentucky. Ia tumbuh bersama ibu, kakak perempuan, dan nenek-kakeknya. Jika mengingat tentang masa lalu, Vance hanya bisa mengingat memori kelam yang masih terus tersimpan sampai dewasa.

Hillbilly Elegy

Netflix

Penampilan Amy Adams yang Menawan dan Mendominasi

Dalam versi filmnya, J.D. Vance diperankan oleh dua aktor yang berbeda. Owen Asztalos memerankan Vance saat masih muda, sedangkan versi dewasanya diperankan oleh Gabriel Basso. Asztalos lebih sering muncul karena film ini lebih banyak membahas konflik pada masa lalu. Walaupun masih muda, Asztalos memerankan Vance versi muda dengan sangat baik. Di sisi lain, penampilan Basso kali ini tidak terlalu mencolok dan terkesan membuat karakter Vance jadi sedikit membosankan.

J.D. Vance merupakan karakter utama dalam film ini, namun peran ibunya, Beverly, sangat berpengaruh pada kehidupan Vance. Bev adalah seorang single parent yang membesarkan kedua anaknya dengan bekerja sebagai seorang perawat. Masa depan yang cerah dan menjanjikan harus ia lepas semenjak melahirkan kedua anak dan ditinggal oleh sang suami yang tidak bertanggung jawab.

Amy Adams dipilih untuk memerankan karakter Bev yang keras. Adams mampu menunjukkan sisi baik, namun juga sisi buruk Bev sebagai seorang ibu. Terkadang Bev menunjukkan kasih sayang yang berlebih kepada Vance, namun ia berubah menjadi orang tua yang abusive di lain waktu. Perubahan emosi Bev yang drastis dipegaruhi oleh obat-obatan terlarang yang sering ia konsumsi.

Aszaltos dan Adams memiliki chemistry yang sangat erat saat memerankan karakter ibu dan anak. Keduanya menunjukkan penampilan yang menawan. Aszaltos dan Adams juga bermain peran dengan aktris senior Glenn Close yang memerankan karakter Mamaw, yaitu ibu dari Bev. Sama seperti Bev, Mamaw adalah seorang ibu yang keras, namun ia memiliki hubungan yang hangat dengan cucu-cucunya.

Hillbilly Elegy

Kisah Coming of Age tanpa Perkembangan Karakter

Konflik antara Vance, Bev, dan Mamaw menjadi fokus utama dalam film ini. Alur maju-mundur menceritakan berbagai konflik yang mereka rasakan sejak masa lalu. Kita dapat melihat berbagai problema yang tidak kunjung selesai, bahkan sampai 3 generasi. Latar tempat dan tampilan para karakter dengan jelas memperlihatkan perubahan masa, namun tidak ada character development yang muncul sampai film berakhir.

Para penggemar cerita dari penulis J.D. Vance kecewa dengan jalan cerita yang dipakai dalam film ini. Bagi mereka, film ini berjalan lambat dan terlalu personal. Dalam memoir aslinya, Vance juga menuliskan banyak hal mengenai politik dan isu-isu sensitif yang muncul di Amerika Serikat pada masa lalu, namun Howard memilih untuk tidak memasukkan unsur tersebut di dalam filmnya. Memang agak sedikit membosankan menikmati film yang hanya membahas satu konflik yang sama terus-menerus.

Namun, Hillbilly Elegy mampu memberikan kenyamanan melalui tampilan visual yang sangat menarik. Sinematografer Maryse Alberti mengambil sudut-sudut gambar yang menawan. Kesan tahun 90-an sangat terasa saat alur film mundur ke tahun 1997. Perbedaan saturasi gambar dipakai untuk membedakkan setiap alur dalam film ini, sehingga alur maju-mundur masih bisa dinikmati tanpa membuat bingung para penonton.

Komposer musik film terkenal, yaitu Hans Zimmer dan David Fleming bekerja sama dalam pembuatan screening film ini. Keduanya menciptakan soundtrack yang cantik dan sangat sesuai dengan alur cerita dalam Hillbilly Elegy. Sinematografi dan screening pada film ini saling melengkapi, sehingga membuat Hillbilly Elegy layak untuk dinikmati.

Walaupun banyak kritik yang diterima oleh film ini karena jalan ceritanya yang tidak sesuai dengan memoir aslinya, namun banyak hal yang dapat diambil dari film Hillbilly Elegy. Film ini sangat cocok dinikmati oleh keluarga karena nilai-nilai kekeluargaan yang disampaikan. Hillbilly Elegy dapat dinikmati di Netflix sejak bulan November lalu.

Click to comment

Girl From Nowhere Girl From Nowhere

Rekomendasi Serial Drama Thriller Remaja di Netflix

Cultura Lists

When I Grow Up Disney Junior When I Grow Up Disney Junior

When I Grow Up: What Do Your Little Ones Want to Be When They Grow Up?

Cultura Lists

Shadow and Bone Review Shadow and Bone Review

Shadow and Bone: Serial Fantasi Berlatar Militer Kerajaan dengan Sihir

TV

Things Heard and Seen Things Heard and Seen

Things Heard & Seen: Percampuran Horror Supranatural dan Drama Rumah Tangga

Film

Advertisement
Cultura Live Session
Connect