Connect with us
hiatus kaiyote
Photo via Press

Music

Hiatus Kaiyote: Get Sun (feat. Arthur Verocai) Single Review

Kembalinya Nai Palm dalam Hiatus Kaiyote yang siap rilis album terbaru, “Mood Valiant”.

★ ★ ★ ★ ★
★ ★ ★ ★ ★

Hiatus Kaiyote akhirnya merilis single terbaru mereka, ‘Get Sun’, sebagai awal dari album “Mood Valiant” yang akan rilis pada 25 Juni 2021 mendatang. Album ini mengandung materi musik yang masih berkesinambungan dengan album “Choose Your Weapon” yang rilis pada 2015 silam.

“Mood Valiant” menjadi album dengan masa pengerjaan yang cukup lama, yaitu selama 6 tahun. Proses produksi sempat tertunda semenjak vokalis, Naomi ‘Nai Palm’ Saalfield didiagnosis mengidap kanker payudara. Setelah proses rekaman instrumental rampung pada tahun 2018, member unit jazz-funk ini menunggu Nai untuk siap kembali ke dapur rekaman, hingga akhirnya Hiatus Kaiyote siap untuk kembali meramaikan dunia musik pada tahun ini.

hiatus kaiyote

‘Get Sun’ merupakan lagu dimana mereka berkolaborasi dengan Arthur Verocai, produser musik asal Brazil. Pada 2019 lalu, Hiatus Kaiyote pergi ke Rio de Janeiro untuk melangsungkan sesi produksi lagu ‘Get Sun’ dengan Verocai, dimana Ia menambah instrumen string dan horn dalam lagu ini.

Sebagai track jazz-funk, pastinya kita akan mendengarkan dinamika dan aplikasi pola yang variatif dalam ‘Get Sun’. Mulai dari vokal directing yang dibawakan Nai Palm, hingga aransemen musik dari awal hingga akhir. Lagu dibuka dengan sound bass yang bervolume, kemudian disambut dengan brass instrumen yang akhirnya menjadi aksen pada komposisi musik. Dengan hook yang sama, ada hal baru yang dihadirkan dalam setiap verse dalam segi aransemen musik.

Memasuki chorus terakhir, komposisi mulai terasa berubah dengan transisi yang smooth hingga akhirnya memasuki sesi instrumental yang menjadi pesta instrume. Dibuka dengan semarak instrumen brass dan string, kemudian piano yang samar-samar, menuju “dimensi” baru dari ‘Get Sun’ dengan warna musik psychedelic tribal. Secara perlahan mengurangi berbagai layer dalam komposisi kemudian ditutup dengan synth sound yang indie dan atmopheric.

Memang bukan kejutan lagi untuk mendengarkan lagu jazz dengan aransemen yang kaya dan variatif. ‘Get Sun’ memenuhi ekspektasi akan aransemen lagu jazz dengan kejutan di dalamnya, ada berbagai layer yang diisi oleh berbagai instrumen untuk memperkaya komposisi secara keseluruhan. Meski terdengar kreatif dan idealis, tetap ada hook yang diselipkan untuk memberikan unsur catchy sebagai single track.

Hiatus Kaiyote merupakan unit jazz-funk asal Melbourne, Australia. Beranggotakan Nai Palm sebagai vokalis, Paul Bender pada bass, Simon Mavin pada synth, dan Perrin Moss pada drum.

Click to comment

dua lipa brit awards 2021 dua lipa brit awards 2021

Dua Lipa Dominasi Panggung BRIT Awards 2021

Entertainment

Julia Michaels Julia Michaels

Julia Michaels: Not in Chronological Order Album Review

Music

The Armed The Armed

The Armed: ULTRAPOP Album Review

Music

Young Stoner Life Young Stoner Life

Young Stoner Life: Slime Language 2 Compilation Album Review

Music

Advertisement
Cultura Live Session
Connect