Connect with us
Evanescence Better Without You
Amy Lee 2019 (Photo: Mark Horton/Getty Image)

Music

Evanescence: Better Without You Single Review

Jelang perilisan album terbaru, Evanescence kembali merilis single keempat.

★ ★ ★ ★ ★
★ ★ ★ ★ ★

Evanescence bersiap untuk meluncurkan album terbaru, ‘The Bitter Truth’ pada akhir bulan ini. Sebagai bagian dari promosi, band tersebut merilis sederet single. Salah satunya “Better Without You” yang menjadi single terakhir.

Sebelum “Better Without You,” Evanescence sudah lebih dulu merilis 4 single lain. Masing-masing menjanjikan suara baru untuk era all new music dari Evanescence. Cukup menjanjikan bagi penggemar yang sudah menanti-nanti album baru selama satu dekade terakhir.

Single-single sebelumnya yang dirilis memperlihatkan berbagai sisi berbeda dari musikalitas baru Evanescence. Termasuk juga dengan hadirnya sederet musisi lain sebagai kolaborator.

Ada Lzzy Hale dari Halestorm dan Taylor Momsen dari The Pretty Reckless yang menjadi featuring di single “Use My Voice.” Serta Nick Raskulinecz yang menjadi produser untuk album ini.

“Better Without You” membawa kembali kegarangan musik Evanescence. Melalui riff gitar yang disetting downtuned atau bahkan mungkin menggunakan 8 senar, “Better Without You” menggebrak dengan permainan musik metal nan garang. Dibandingkan dengan single maupun rilisan lain dari band alternative metal ini, “Better Without You” tanpa disanggah paling condong ke genre metal.

Bahkan mungkin bisa dikatakan untuk single ini Evanescence menjajal Nu metal. Mengingat beberapa bagian permainan instrumen sejajar dengan Slipknot.

Vokal dari Amy Lee juga mendukung kegarangan ala nu metal yang diselipkan dalam “Better Without You.” Meski sudah 15 tahun berkarir sebagai vokalis dan frontman untuk group ini, Amy Lee masih sangat sukses melengkingkan nada tinggi dan meraungkan emosi.

Vokal Amy Lee dengan karakter suara halus bersimfoni bersama melodi gitar yang groove-oriented dan pola drum menggebrak. Kontrasnya kedua bagian antara vokal dan melodi instrumen menghadirkan pengalaman tersendiri bagi pendengar.

Nada demi nada yang dibangun sampai membuncah di chorus juga menjadi pengalaman berbeda untuk pendengar. Di bagian chorus ini, seluruh personil band mampu bersinar, menunjukan aksi terbaik dengan perangkat masing-masing.

Seakan ingin memastikan pendengarnya mendapatkan vibe dari musik Evanescence di dekade sebelumnya, “Better Without You” menyisipkan piano solo yang menjadi klimaks dramatis. Selain menjanjikan penggemar bahwa Evanescence belum kehilangan ciri khas musikalitasnya.

“Better Without You” condong pada variasi berbagai elemen di musik metal. Mulai dari alternative sampai nu metal. Meski Evanescence tidak menyertakan suara khas industrial metal yang kerap digunakan.

Komposisi lagu ini juga terstruktur dengan baik. Selama 4 menit lebih, pendengar diajak untuk mendaki dari satu klimaks ke lainnya. Sebelum dibuai dengan piano solo dan vokalisasi dramatis. Tidak ada satu fragmen pun yang terdengar sia-sia atau terbuang percuma. “Better Without You” menjadi single metal yang tidak sekedar garang. Namun juga efisien dan adiktif.

Single yang menjadi puncak promosi sebelum album baru dirilis pada 26 Maret nanti ini sukses membangun rasa penasaran pendengar. Sekaligus membuat penggemar kian mengantisipasi hadirnya ‘The Bitter Truth.’ Amy Lee yang berhasil tampil badass dan mendeklarasikan kebebasan dari hubungan cinta. Ditambah dengan permainan instrumen garang dan para personil yang mampu tetap bersinar menjadikan album semakin ditunggu-tunggu.

Meski tidak lagi begitu produktif dalam rilisannya, peran Evanescence di genre rock dan metal tidak bisa disanggah. Band ini tidak perlu lagi membuktikan siapa diri dan musikalitas mereka; baik itu pada pendengar luas maupun penggemar. Walau begitu, “Better Without You” efektif kembali mengingatkan pada masa-masa kejayaan Evanescence. Single yang menjadi pembuka untuk kesuksesan ulang di all-new musik era.

Click to comment

dua lipa brit awards 2021 dua lipa brit awards 2021

Dua Lipa Dominasi Panggung BRIT Awards 2021

Entertainment

Julia Michaels Julia Michaels

Julia Michaels: Not in Chronological Order Album Review

Music

The Armed The Armed

The Armed: ULTRAPOP Album Review

Music

Young Stoner Life Young Stoner Life

Young Stoner Life: Slime Language 2 Compilation Album Review

Music

Advertisement
Cultura Live Session
Connect