Connect with us
Daftar Serial Televisi Terbaik Yang Wajib Ditonton
Friends | Photo by: NBCU Photo Bank

Cultura Lists

Daftar Serial TV Terbaik Versi Cultura 

Dengan melihat dampak yang diberikan bagi serial televisi, kelima serial ini masuk kedalam daftar serial yang wajib untuk ditonton.

Bagi para penggemar serial televisi pasti memiliki serial favoritnya masing–masing. Banyaknya variasi pilihan serial dengan berbagai genre tentu menjadi salah satu penyebabnya. Ada yang suka tontonan ringan seperti komedi tetapi banyak juga yang lebih menikmati cerita yang lebih serius seperti drama. Diantara banyaknya pilihan serial yang ada, ada beberapa judul yang lebih menonjol dan sukses menempatkan posisinya sebagai salah satu serial terbaik yang pernah ada. Tidak hanya satu, berikut adalah lima serial televisi terbaik yang wajib ditonton.

game of thrones

Game of Thrones

Bagi penggemar serial televisi atau bukan pasti pernah mendengar judul yang satu ini. Game of Thrones adalah sebuah serial televisi yang diproduksi oleh HBO dan diangkat dari cerita epic novel karangan George R.R Martin. Semenjak pertama kali keluar di tahun 2011, serial ini sukses mengumpulkan penggemar setia dan menempatkan posisinya sebagai salah satu serial paling berpengaruh yang pernah ada. Kesuksesan dari Game of Thrones patut diapresiasi dan tidak serta merta kebetulan belaka. Kualitas cerita yang ditulis dengan sangat detail dan kompleks terbukti berhasil menghibur serta mengejutkan penonton pada setiap episodenya.

Game of Thrones berhasil mengoptimalkan genre petualangan, drama, aksi serta fantasi dan mendorong batasan yang tidak pernah dilakukan oleh serial televisi lainnya. Bercerita tentang perebutan takhta di benua fiksi bernama Westeros, Game of Thrones mencuri perhatian dan hati penonton. Tanpa memiliki protagonist tertentu, penonton diajak mengikuti petualangan berbagai karakter dan kisahnya masing–masing. Penonton dibuat ikut bersimpati dan memiliki pahlawan dan tokoh favoritnya masing-masing.

Ada dua hal umum yang menjadi reputasi dari Game of Thrones yaitu twist yang mengejutkan penonton dan adegan dewasa atau vulgar yang ditampilkan. Meskipun memiliki reputasi dalam menampilkan adegan vulgar, Game of Thrones bukanlah sebuah serial dangkal yang patut diremehkan. Sudah berjalan hampir sepuluh tahun, Game of Thrones sekarang berada di babak terakhir yaitu season kedelapan yang akan menutup kisah epic ini. Masih banyak misteri yang belum terjawab dan tentunya ekspektasi penonton sangat tinggi untuk klimaks dari perebutan takhta ini. Bagi yang belum menonton GoT, jangan mau tertinggal karena serial yang ini adalah serial televisi yang wajib ditonton.

the simpsons

The Simpsons

The Simpsons merupakan salah satu serial animasi terbaik sepanjang masa. Serial yang sudah berumur 30 tahun ini pertama kali keluar di tahun 1989 dan sekarang telah menjadi serial televisi Amerika yang tayang terlama sepanjang sejarah. The Simpsons bercerita tentang keseharian sebuah keluarga unik yaitu keluarga Simpsons. Sejak pertama kali tayang, The Simpsons berhasil menciptakan reputasi sebagai serial animasi lucu yang menghibur berbagai kalangan dari anak-anak maupun orang dewasa. Keindahan art style animasi dua dimensi dilengkapi dengan cerita yang lucu menjadi senjata utama dari serial animasi yang satu ini.

Penonton dengan mudah dibuat jatuh cinta pada The Simpsons berkat karakter-karakter ikonik buatan Matt Groening yang secara regular membawa tawa bagi penonton. Banyak yang bilang The Simpsons mengalami penurunan kualitas jika dibandingkan pada musim-musim awalnya tetapi konsistensi Matt Groening memberikan hiburan selama tiga puluh tahun wajib kita berikan apresiasi. The Simpsons bahkan menjadi inspirasi untuk serial-serial animasi sukses lainnya seperti Family Guy, American Dad, dan Bob Burger. Bagi para penggemar serial animasi dan kartun, The Simpsons adalah serial yang sayang untuk dilewatkan.

breaking bad

Breaking Bad

Breaking Bad adalah serial yang tidak boleh dilupakan jika membicarakan serial paling baik sepanjang sejarah. Dalam lima musim penayangannya, serial karangan Vince Gilligan ini secara konsisten memberikan pengalaman menonton serial televisi yang tidak bisa dibandingkan. Breaking Bad bercerita tentang perubahan seorang guru kimia bernama Walter White yang menjadi seorang kriminal dan drug lord terkenal bernama Heisenberg.

Cerita Breaking Bad terasa realistis dan dengan mudah menarik perhatian penonton. Diperankan oleh aktor berbakat Bryan Cranston, karakter Walter White berhasil menjadi antihero favorit penonton di serial televisi. Tidak hanya Bryan Cranston, aktor Aaron Paul juga memiliki peran luar biasa sebagai karakter Jesse Pinkman asisten dari Walter White. Salah satu daya tarik dari Breaking Bad adalah kepintaran karakter Walter White dalam menghadapi setiap masalah yang menghadang. Selain itu perubahan drastis karakter Walter White menjadi Heisenberg juga menjadi daya tarik serial yang satu ini.

Selama lima season penayangannya, Breaking Bad mendapatkan reputasi sebagai serial dengan cerita serta tulisan terbaik. Hal ini didukung oleh konsistensi kualitas cerita dan tensi yang terus diberikan bagi penonton. Banyak serial luar biasa yang mengalami penurunan kualitas pada musim-musim berikutnya tetapi tidak dengan Breaking Bad. Bahkan untuk sekarang Breaking Bad memegang reputasi sebagai serial dengan ending paling memuaskan. Banyaknya reputasi yang dipegang oleh Breaking Bad membuatnya sebagai serial televisi yang tidak boleh dilewatkan.

Friends

Pertama kali keluar di tahun 1994, Friends berhasil membuat reputasi sebagai salah satu sitcom terbaik yang pernah ada. Dibuat oleh David Crane dan Marta Kauffman Friends sukses membawakan humor dan komedi lucu yang bahkan masih dapat menghibur hingga sekarang. Tidak hanya menghadirkan tawa, Friends banyak memberikan episode emosional yang membuat para penonton terharu bahkan galau. Dengan cerita dan kisah yang relatable Friends dengan mudah membuat penonton jatuh hati pada serial yang satu ini. Saking relatablenya serial ini bahkan sangat berpengaruh dan menjadi trend bagi kehidupan remaja atau dewasa muda pada zamannya.

Tidak main-main serial ini dibintangi oleh enam aktor/aktris berbakat yaitu Jennifer Anniston sebagai Rachel, Courteney Cox sebagai Monica, Lisa Kudrow sebagai Phoebe, Matt Leblanc sebagai Zoey, Matthew Perry sebagai Chandler dan David Schwimmer sebagai Ross. Tayang selama sepuluh season dari tahun 1994 hingga 2004, kesuksesan Friends menjadi inspirasi bagi serial sitcom modern seperti How I Met Your Mother, Big Bang Theory dan New Girls. Sayangnya hingga sekarang tidak ada serial yang bisa mencapai ekspektasi serta kualitas yang pernah dihadirkan oleh Friends. Bagi penggemar sitcom modern, sepertinya Friends adalah serial yang harus ditonton. Percayalah meskipun pertama kali keluar pada tahun 90an, komedi serta cerita yang Friends tawarkan masih relevan dan relatable bagi kehidupan remaja dan dewasa muda sekarang.

The Sopranos

The Sopranos

Banyak yang mengatakan bahwa serial yang satu ini merupakan serial drama terbaik yang pernah ada. The Sopranos bercerita tentang Tony Soprano seorang suami, ayah sekaligus boss dari mafia di New jersey. Meskipun penonton pernah dihibur melalui cerita dengan premise yang sama seperti Godfather dan Goodfellas, The Sopranos berhasil merubah premise tersebut dalam sebuah serial dengan episode yang padat dan intens. Karakter Tony Soprano diperankan dengan luar biasa oleh James Gandolfini. Melalui aktingnya penonton dapat melihat kekejaman dan seberapa mengerikan karakter Tony sekaligus melihat sisi lembut dari seorang boss mafia.

Tayang selama 6 season dari tahun 1999 hingga tahun 2007, The Sopranos menciptakan reputasi sebagai serial dengan cerita terbaik. The Sopranos berhasil menaikkan derajat serial televisi sehingga tidak kalah dengan kualitas film layar lebar. Dengan cerita yang realistis The Sopranos secara konsisten memberikan satu jam drama yang intens setiap minggunya. Dari segi teknis The Sopranos bahkan menuai berbagai penghargaan dan pujian. Tidak heran bahwa serial yang satu ini terus muncul dan menjadi perbincangan jika membicarakan serial televisi terbaik.

Kelima serial diatas merupakan daftar lima serial terbaik yang pernah ada. Setiap orang pasti memiliki selera dan preferensinya masing-masing. Dengan melihat dampak yang diberikan bagi serial televisi, kelima serial diatas masuk kedalam daftar serial yang wajib untuk ditonton. Sulit sepertinya untuk menyaingi dan mengalahkan reputasi kelima serial diatas tetapi tidak menutup kemungkinan bahwa suatu saat ada serial lain yang memberikan dampak luar biasa dan juga mengguncang dunia.

Click to comment

Leave a Comment

Connect