Connect with us
Crime Scene: The Vanishing at the Cecil Hotel
Netflix

Film

Crime Scene: The Vanishing at the Cecil Hotel Review

Hilangnya Elisa Lam menjadi catatan baru bagi sejarah kelam Cecil Hotel.

★ ★ ★ ★ ★
★ ★ ★ ★ ★

Cecil Hotel adalah hotel yang berada di pusat kota Los Angeles. Banyak orang terkenal yang menginap di hotel tersebut, mulai dari aktris legendaris Marilyn Monroe sampai pembunuh berantai terkenal, yaitu Richard Ramirez. Cecil Hotel menjadi terkenal karena banyaknya kasus pembunuhan dan bunuh diri yang terjadi di hotel ini.

Sutradara Joe Berlinger menguak kisah kelam Cecil Hotel melalui dokumenter Crime Scene: The Vanishing at the Cecil Hotel. Banyak cerita mengerikan yang terjadi di hotel itu, namun dalam dokumenter ini Berlinger lebih berfokus pada kisah hilangnya seorang mahasiswi asal Kanada bernama Elisa Lam.

Crime Scene: The Vanishing at the Cecil Hotel

Netflix

Menggambarkan Sisi Buruk Pusat Kota Los Angeles

Cecil Hotel berada di pusat Kota Los Angeles. Banyak turis yang memilih untuk menginap di Cecil Hotel karena ekspektasi mereka tentang Kota Los Angeles yang glamor dan menawan. Sayangnya, ekspektasi mereka tidak sesuai dengan realita. Cecil Hotel berada di tengah-tengah lingkungan kumuh bernama Skid Row.

Sinematografer Jeff Hutchens mampu menangkap kumuhnya daerah Skid Row dalam serial dokumenter ini. Skid Row merupakan daerah yang memiliki populasi tunawisma terbesar di Amerika Serikat. Sejak tahun 1930-an, Skid Row sudah terkenal menjadi tempat paling populer bagi para mantan narapidana serta penderita gangguan jiwa. Selain kumuh, Skid Row juga terkenal menjadi sarangnya para kriminal, termasuk Cecil Hotel.

Pada tahun 2013, Elisa Lam memutuskan untuk terbang ke Los Angeles untuk menikmati liburannya. Sama seperti kebanyakan turis lainnya, Lam terjebak dalam ekspektasi berlebih soal Cecil Hotel. Harga sewa yang murah, tempat strategis, dan interior hotel yang menawan mampu membujuk Lam masuk ke dalam misteri yang dimiliki oleh hotel tersebut.

Kasus misterius kembali terjadi pada Cecil Hotel. Elisa Lam dinyatakan hilang dalam hotel itu. Satu-satunya bukti terakhir keberadaan Lam adalah rekaman CCTV di dalam lift. Elisa Lam berprilaku aneh dalam rekaman video tersebut. Rekaman CCTV itu menjadi salah satu rekaman paling viral di YouTube karena misteri hilangnya Elisa Lam yang belum terpecahkan.

Crime Scene: The Vanishing at the Cecil Hotel

Netflix

Membahas Berbagai Teori Penyebab Hilangnya Elisa Lam

Kasus hilangnya Elisa Lam menjadi perbincangan hangat sejak tahun 2013, bahkan sampai saat ini. Banyak netizen yang mencoba untuk mengungkap misteri melalui rekaman CCTV singkat yang telah beredar di YouTube. Banyak sekali teori yang muncul berkaitan dengan kasus Elisa Lam, mulai dari teori supranatural sampai dengan teori konspirasi USA.

Crime Scene: The Vanishing at the Cecil Hotel membahas semua teori dalam 4 episode dengan durasi hampir 1 jam di tiap episodenya. Demi mendapatkan fakta, dokumenter ini mewawancarai berbagai narasumber yang terlibat pada kasus Lam pada tahun 2013 silam. Salah satu narasumbernya adalah Amy Price, mantan manager Cecil Hotel. Sampai saat ini, Price mempercayai bahwa hilangnya Elisa Lam tidak ada hubungannya dengan pihak Cecil Hotel.

 

Perasaan getir dan sedih seringkali kita rasakan saat membahas kembali kisah duka di masa lampau. Joe Berlinger mampu kembali membawa kegetiran itu melalui dokumenternya ini. Bunyi sirine dan latar musik mendominasi. Khas seperti dokumenter lainnya, Berlinger menggunakan banyak bukti fisik yang diperlihatkan pada penonton, mulai dari lingkungan semrawut Skid Row, sampai dengan kamar Elisa Lam di Cecil Hotel.

Kasus hilangnya Elisa Lam dianggap belum terselesaikan, sampai akhirnya Crime Scene: The Vanishing at the Cecil Hotel menguak sebuah teori yang paling masuk akal di akhir episode. Namun, teori masih bisa diubah dengan teori lainnya. Hilangnya Elisa Lam masih berupa misteri bagi beberapa orang.

Secara keseluruhan, Crime Scene: The Vanishing at the Cecil Hotel merupakan dokumenter dengan pemaparan yang rapi dan tidak membosankan. Dokumenter ini sangat cocok bagi penggemar cerita crime dan misteri. Crime Scene: The Vanishing at the Cecil Hotel sudah rilis di Netflix sejak 10 Februari lalu.

Click to comment

Love and Monsters Review Love and Monsters Review

Love and Monsters Review: Petualangan Joel Melawan Monster Demi Cinta

Film

Two Distant Strangers Two Distant Strangers

Two Distant Strangers Review

Film

Thunder Force Thunder Force

Thunder Force Review: Film Superhero dengan Cita Rasa Parodi

Film

The Serpent Review The Serpent Review

The Serpent: Mengikuti Perjalanan Charles Sobrahj Memburu Hippie Traveler

TV

Advertisement
Cultura Live Session
Connect