Connect with us
Apoki
Photo via Artstation.com

Music

Apoki: Penyanyi K-pop Virtual Debut dengan Original Single “Get It Out”

VTuber berwujud kelinci hybrid asal Korea Selatan yang jago nyanyi dan menari.

Sudah cukup aktif dan eksis di sosial media sebagai virtual influencer dua tahun belakangan, Apoki akhirnya merilis single debut-nya yang bertajuk “Get It Out” pada 22 Februari 2021.

Apoki sendiri telah aktif sebagai VTuber yang meng-upload berbagai konten cover lagu sejak tahun 2019 silam di YouTube. Sejak awal kemunculannya di dunia maya, Apoki tampil dengan persona yang menampilkan “fusion” antara manusia dengan kelinci yang imut sekaligus badass. Sangat khas dengan telinga panjangnya, kelinci domisili Korea Selatan ini nampak imut dan energik ketika menari sambil menyanyikan lagu-lagu yang sedang populer, sebagian besar lagu-lagu K-pop.

Tak hanya di YouTube, Apoki juga mulai eksis di media sosial lainnya seperti Instagram, Twitter, dan yang aktif di TikTok. Dimana penyanyi virtual ini telah memiliki lebih dari 1,5 juta fans melalui aplikasi kekinian tersebut.

Apoki

Twitter.com/Apoki2

Apoki, Virtual Influencer Berwujud Gadis Kelinci yang Energik dan Berbakat

Apoki secara general dikategorikan sebagai virtual influencer, kemudian VTuber (sebagai content creator yang memulai dan masih aktif di platform YouTube) dan kini telah debut menjadi virtual singer dengan lagunya sendiri. Melalui wawancara dengan media online, Virtual Humans, Apoki juga telah mengungkapkan kesibukannya dalam mempersiapkan album yang belum dikonfirmasi kapan tepatnya akan dirilis.

Berkarya sebagai virtual influencer atau artist merupakan sebuah platform yang luas dengan kreativitas yang tak terbatas. Seorang seniman bisa menjadi sosok apapun yang lebih atraktif dan unik. Tak dipungkiri, banyak penggemar Apoki menyukai hal kecil seperti gerakan telinga panjangnya yang lucu ketika Ia sedang menari dengan dinamis.

Sebagai sosok gadis kelinci yang imut, Apoki memiliki karakteristik yang energik, percaya diri, dan memiliki hasrat tinggi akan karyanya sendiri. Gadis kelinci imut ini memiliki penampilan yang fashionable, Ia selalu tampil dengan desain pakaian terbaru sesuai dengan tema lagu yang di-cover. Apoki memiliki kualitas vokal dengan range variatif. Ada saatnya Ia terdengar powerful dan teknikal, misalnya ketika Ia meng-cover lagu “Listen” dari Beyonce. Namun, Ia juga bisa menyanyi dengan vokal yang lembut dan manis ketika membawakan lagu K-pop seperti “Life Goes On”, single slow pop terbaru dari BTS.

Personanya sebagai kelinci juga sesuai dengan sifat alaminya sebagai binatang yang lincah dan banyak tingkah; Apoki sangat lihai menari dengan gerakan yang energik. Ia bahkan dengan percaya diri mengungkapkan bahwa dirinya kerap menonton video cover-nya berulang kali. “Aku tak bisa mengelak, videoku sangat menyenangkan (untuk ditonton)!”, ungkap Apoki dengan bangga.

Apoki

Photo via virtualhumans.org

Populer Melalui Konten Cover Hits K-Pop dengan Produksi Animasi Ekstra

Video cover Apoki memang sangat menyenangkan untuk ditonton, terutama buat kita yang memiliki ketertarikan pada dunia animasi. Berbeda dengan video cover pada umumnya yang hampir serupa di YouTube, Apoki menampilan konten yang jelas sangat berbeda dan memiliki effort lebih tinggi dalam proses produksinya.

Apoki rajin merilis video cover setiap minggunya untuk lagu-lagu yang sedang nge-hits. Ia mengaku sangat menyukai BLACKPINK dan BTS, sudah banyak juga video cover dari dua grup K-Pop paling terkenal tersebut telah diupload oleh Apoki di channel-nya. Semua proses produksi dilakukan oleh Apoki sendiri, mulai dari aransemen musik, rekaman, hingga produksi animasi 3D sebagai video klip dengan estetika tinggi.

Berawal dari penampilan Apoki yang hanya menari dengan latar belakang polos, seiring berjalannya waktu, detail dan konsep video cover Apoki bisa dilihat semakin mengalami perkembangan. Mulai dari latar lokasi di ruangan latihan menari yang terlihat nyata, hingga desain panggung yang imajinatif yang mungkin hanya bisa dieksekusi dengan teknologi animasi.

Salah satu proyek video cover paling ambisius yang pernah dilakukan oleh Apoki adalah kolaborasi dengan para dancer dari Viva Dance Video. Dimana Ia meng-cover lagu “Dumhdurum” dari APINK. Apoki mampu tampil nyaris sempurna dalam tariannya yang harus sinkron dengan penari “nyata” lainnya. Apoki juga sempat secara resmi ditunjuk oleh Riot Games untuk ikut berpartisipasi dalam K/DA The Baddest Challenge.

Akhirnya Rilis Single Original Bernuansa Retro Pop “Get It Out”

Melalui single “Get It Out”, Apoki menampilkan konsep retro pop dalam segi bermusik maupun konsep seni visual. Apoki tampil bagi kelinci luar angkasa dengan fashion dari masa depan, lengkap dengan kendaraan motor yang unik ala anime Akira. Meski bukan sesuatu yang baru lagi dan termasuk mainstream, konsep retro pop yang dihadirkan sudah cukup kreatif dari persona fantasi pop Apoki.

“Get It Out” merupakan track K-Pop dengan aransemen musik retro pop yang vintage sekaligus futuristik. Didominasi dengan instrumen synth dan drum machines dalam komposisinya yang diakselerasikan secara bertahap. Apoki memperdengarkan kualitas vokalnya tanpa diberi efek yang terlalu tebal, meski cukup terdengar efek autotune yang diaplikasikan agar membaur dengan komposisi musik elektronik.

Dengan semakin populernya dunia hiburan untuk artist maupun influencer virtual, Apoki telah memulai babak baru dengan rilisnya original song “Get It Out”. Kini Ia sudah bisa dikategorikan sebagai virtual singer yang tak sekedar meng-cover lagu musisi lain, namun telah debut sebagai virtual singer dengan warna musik dan karakter baru yang original.

Click to comment
Advertisement
Cultura Live Session
Connect