Connect with us
diet fenomenal
Photo by Lisa Fotios from Pexels

Lifestyle

4 Tren Diet Fenomenal: Makan Enak Tapi Cepat Kurus

Sebenarnya, diet sendiri tidak selalu dilakukan untuk menurunkan berat badan.

Apa yang terpikirkan pertama kali ketika mendengar kata diet? Pasti kita membayangkan makanan yang tidak enak dan jumlahnya terbatas. Hanya makan sayur atau buah-buahan saja serta memiliki rasa yang hambar. Perut dibikin keroncongan padahal aktivitas sedang padat-padatnya. Akibatnya, konsentrasi menurun dan produktivitas merosot. Inilah sebagian alasan mengapa orang-orang malas melakukan diet. Belum lagi bila diet yang dilakukan tidak berhasil dan berat badan malah naik drastis.

Sebenarnya, diet sendiri tidak selalu dilakukan untuk menurunkan berat badan. Diet juga dilakukan untuk memperbaiki pola makan sehingga asupan nutrisi tubuh tercukupi dan tubuh banyak mengonsumsi makanan sehat. Namun, umumnya orang melakukan diet karena merasa berat badannya sudah tidak terkontrol. Lalu, ada tidak sih diet yang memungkinkan kita makan enak?

Diet Keto

Diet keto adalah salah satu diet yang tidak hanya sedang tren tapi juga memiliki konsep unik. Kita justru diharuskan untuk mengonsumsi makanan tinggi lemak sehingga mendorong tubuh berada pada fase ketosis. Ketosis adalah keadaan di mana tubuh kita menggunakan lembak sebagai sumber energi yang dibakar tubuh. Sebaliknya, konsumsi karbohidrat ditekan serendah mungkin. Ini artinya kita bisa makan masakan padang yang bersantan itu tanpa harus mengonsumsinya pakai nasi.

Pada diet keto kita bisa makan telur, keju, daging, alpukat, santan, dan lain-lain. Rasanya tidak seperti sedang diet ya? Kita juga masih bisa menikmati kopi maupun teh selama tidak ditambah gula. Ada banyak katering juga lho yang menyediakan menu makanan khusus untuk yang sedang diet keto seperti Hungry Bear, Gorry Gourmet, dan Kepo Keto Katering. Tapi akan lebih hemat bila kita memasaknya sendiri.

Diet Mayo

Diet mayo dikembangkan oleh The Mayo Clinic Diet, sebuah pusat penelitian klinis di Negeri Paman Sam. Konsep diet ini adalah menekan konsumsi garam dan karbohidrat dan umumnya dilakukan 12-14 hari saja. Jumlah kalori harian yang masuk adalah 1200-1800 kalori dan tidak boleh lebih rendah. Menu makanan diet mayo umumnya dalam bentuk rebusan atau kukusan.

Ketika melakukan diet mayo kita didorong untuk mengenyangkan perut dengan sayuran dan buah-buahan sehingga konsumsi karbohidrat dapat ditekan. Karena tidak ada larangan spesifik, sebenarnya kita bisa mengonsumsi apa saja selama jumlah kalorinya terkontrol. Ada beberapa katering yang menyediakan menu makan diet mayo seperti Katering Diet Mayo dan Rebela Diet.

Diet Thonon

Di antara semua jenis diet, mungkin diet thonon-lah yang paling sulit kita jalani. Kita “dipaksa” memangkas jumlah kalo harian hingga hanya mencapai 600-800 kalori saja! Diet ini dilakukan dalam jangka watu 14 hari. Kita tetap diperbolehkan makan sehari tiga kali. Hanya saja asupan kalori harus dikontrol. Untuk menunya sendiri, bebas. Diet ini juga mengandalkan asupan tinggi protein dan tinggi serat. Tapi pola makan seperti itu dapat memicu terjadinya sembelit.

Tidak ada pantangan makanan sehingga kita masih bisa makan roti atau telur, tidak melulu buah dan sayur. Hanya saja porsinya sangat sedikit karena jumlah kalori yang masuk harus sangat terbatas. Kita akan mengalami kesulitan untuk menjaga berat badan tetap stabil.

Diet Paleo

Diet paleo adalah pola makan yang terinspirasi dari kehidupan manusia pada masa lampau. Hal ini dilakukan karena pola makan manusia gua dianggap paling cocok dengan rancangan metabolisme manusia. Diet paleo menekankan pada makanan yang didapat dari alam seperti berburu atau memancing sehingga konsumsi makanan olahan tidak diperbolehkan. Selain itu diet paleo sendiri mendorong kita untuk mengonsumsi makanan yang tinggi protein dan rendah karbohidrat.

Sebenarnya konsep diet ini sendiri mudah diikuti karena justru ada banyak jenis makanan yang boleh dikonsumsi. Kita bisa mengonsumsi sayur, buah, daging rendah lemak, ikan, telur, dan minyak. Namun ada beberapa makana yang tidak bisa kita konsumsi seperti susu, kacang lentil, kacang polong, kacang tanah, biji-bijian dan kentang, garam, dan gula olahan.

Diet ini juga cocok bagi penderita diabetes. Selain itu, diet ini juga menguntungkan penderita tekanan darah tinggi karena kita tidak mengonsumsi garam. Namun kurangnya konsumsi susu dapat meningkatkan risiko osteoporosis dan jantung sehingga dalam paleo diet kita diperbolehkan memiliki cheating day. Ada beberapa katering yang menyediakan menu diet paleo seperti Kenyang Senang, Clean Cookery, dan Pure Foods Company.

Click to comment

Leave a Comment

Connect